. Catat-Mencatat (hari ke2) | Al-Qolamu

Al-Qolamu

Inspirasi Pencerah

Home » » Catat-Mencatat (hari ke2)

Catat-Mencatat (hari ke2)

Ternyata duduk seharian di depan komputer capek juga, malah sangat melelahkan. Tanpa keluar rumah, tanpa mengikuti kegiatan-kegiatan yang sebenarnya telah terjadwal, hari ini full aku habiskan untuk mencoba lebih akrab dengan dunia teknologi informasi, khususnya catat-mencatat.

Meski terdengar "remeh", catat-mencatat itu penting lho, bahkan Allah SWT pernah mengingatkan umat manusia untuk tidak mengabaikan kegiatan ini, terutama dalam transaksi jual-beli dan hutang piutang. Dalam salah firman-Nya dikatakan :
اذا تداينتم بدين الى اجل مثمى فاكتبوه
Bila kamu melakukan suatu transaksi (hutang-piutang) untuk jangka waktu tertentu, maka catatlah

Secara khusus ayat ini memang lebih terfokus pada soal hutang-piutang, namun sepertinya kegiatan catat-mencatat itu nyaris diperlukan dalam semua aspek kehidupan, ya politik, hukum, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan-keamanan, apalagi dalam bidang pendidikan. Bukankah banyak orang yang telah dibuat repot hanya karena ia lupa mencatat sesuatu? hm.... anda sendiri mungkin pernah juga mengalaminya.

Dilihat dari sisi kepentingan umat terhadap kegiatan catat-mencatat ini, ditambah banyaknya problematika kehidupan yang membuat manusia itu jadi mudah lupa, sepertinya penafsiran ulama yang tidak menegaskan makna "Wajib" pada ayat di atas, mungkin perlu ditinjau ulang..(Wiiiiih kaya pengamat ilmu tafsir aja, hehehehe... : )

Terlepas dari setuju atau tidak terhadap gagasan ini (sebagain orang mungkin menganggapku "nyeleneh" ya?....) yang jelas seharian ini aku benar-benar telah "bertungkus lumus" dengan kegiatan catat-mencatat itu. Mulai dari browsing situs-situs web yang menyediakan informasi yang dibutuhkan, melakukan copy-paste, mengolah data-datanya, merekayasa settingannya sampai menjadi sebuah blog. Blog sederhana memang, tapi postingannya di hari pertama itu telah mencapai 24 entri.

Isi blog itu ya lebih banyak copy-paste dibanding hasil karya sendiri, tapi bukan plagiat lho?. Sebab dalam setiap postingan selalu kucantumkan sumbernya. Akhirnya jadi juga dech tu blog.

hmmmm lumayan.....moga aja pad hari-hari berikutnya lebih banyak memposting hasil karyaku sendiri. SEMOGA!
Newer Post
Previous
This is the last post.

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Komentar Anda: