. Aduh Kok Lupa Sih | Al-Qolamu

Al-Qolamu

Inspirasi Pencerah

Home » » Aduh Kok Lupa Sih

Aduh Kok Lupa Sih

Cara lain yang juga merupakan PENJELAS adalah dengan mengulang penyebutan nama tersebut lalu beri pujian atas nama itu sambil memperhatikan "Muka" nya dengan baik. Kan gak lucu kalau anda ingat nama seseorang tapi gak tahu wajahnya.. :) dan sebisa mungkin sebut kembali namanya saat akan berpisah.
Walaupun ada orang yang sangat ingin melupakan sesuatu, seperti status seorang teman di fb : "Ya Tuhan, jadikannlah aku lupa padanya,.. aku.. bla..bla..bla.." namun umumnya LUPA itu adalah sesuatu yang me-nye-bal-kan!

Lupa dimana menaruh kunci, lupa membawa arsip penting ke kantor, lupa pelajaran, lupa PIN ATM dan banyak lupa lainnya yang sering kali menimbulkan kerugian. Bahkan karena kesibukannya, bisa jadi ada orang yang lupa nama dan jumlah anak-anaknya.. :) yang ini sih kelewatan.. tapi ada lho yang bergitu..!

Untuk menghindari LUPA dan kerugian yang ditimbulkannya, banyak orang yang mencatat kejadian, peristiwa, nomor dan hal-hal penting di dalam notebook, taskboard dan gadget miliknya. Malangnya, terkadang saat dibutuhkan ia justru lupa dimana menaruh atau membawa simpanan catatan itu... hi..hi... hayo....

Ups... canda aja.. yang pasti mencatat itu tetap lebih baik kok. Karenanya Tuhan sangat menganjurkan kita untuk mencatat. Ya.. yang ini sudah pernah dibahas sebelumnya (lihat di sini). Terus.. bagaimana bagi yang tidak suka catat-mencatat? Berikut beberapa tips untuk "tidak mudah lupa" :

PERTAMA :
Kreasikan nomor-nomor penting dalam sketsa yang disukai.
Bagi anak-anak, mengenal angka seringkali diasosiasikan dengan benda ataupun makhluk hidup tertentu, misalnya angka 0 sebagai bola ; 1 pensil/pena; 2, angsa ; 3 gambar burung layang-layang (swallow) dalam lukisan anak TK; 4, perahu layar atau kursi terbalik; 5, image wanita hamil; 6, pipa cerutu; 7, boomerang; 8, kacamata; dan 9 adalah raket tenis.

Setelah angka-angka tersebut diasosiasi, untuk mengingat deretan semacam PIN ATM, pasword, nomor induk dll (katakanlah misalnya 8137), bayangkan seorang pelukis berkacamata (8) dengan kuas/pensil lukisnya(1) sedang membuat gambar burung layang-layang, dan saat itu di mulut sang pelukis tertancap sebuah pipa cerutu (6).

Ilustrasi lain juga dapat dibuat dengan menyamakan bunyi akhir nomor-nomor anda dengan kata-kata yang sebunyi (Rhyming). misalnya "batu" untuk angka 1, "tua" untuk 2, "tega" (3) dll yang kemudian disusun dalam sebuah cerita ringan. Kalau pasword anda misalnya 6418, katakan "matahari terbenam (6) tepat (4) di atas batu (1) papan(8).

KEDUA :
Biasakan meletakkan sesuatu di sebuah tempat/wadah khusus penyimpanan.
Hal ini berguna sekali untuk barang-barang kecil anda semisal kunci, alat tulis, flash disk, aksessories baju dll. Sehingga saat anda membutuhkan anda cukup menuju wadah atau tempat tersebut


KETIGA :
Biasakan memberi perhatian saat meletakkan sesuatu yang penting.
Ingatlah saat terakhir kali anda menyentuh, membawa atau menggunakan benda tersebut. Lalu runut kejadian terdekat yang membawa memori anda pada kejadian terakhir menyentuh, membawa atau menggunakan itu.

Umpamanya anda katakan : " sepulang dari jalan-jalan tadi saya langsung menukar pakaian di kamar, terus ke kamar mandi lalu duduk di sofa depan, dan terakhir saya ingat benda itu masih ada sebelum sampai di rumah". Kemungkinan ada tiga tempat untuk mencarinya, yaitu di kamar, kamar mandi dan di sofa depan.

KEEMPAT :
Gunakan "penjelas" saat berkenalan dengan seseorang yang baru.
Triks ini berguna agaranda tidak LUPA nama sesorang yang baru dikenal. PENJELAS yang dimaksud bisa berupa Ejaan, umpamanya teman anda bernama "Syafi'" anda tanyakan ejaannya apakah menggunakan "Y" atau tidak.

PENJELAS juga bisa dibentuk dengan mengasosiakan nama tersebut kepada nama-nama yang sudah anda kenal dekat sebelumnya. Kalau anda punya dosen yang bernama "Syafri", anda dapat sedikit menyingggung atau menyebut itu seperti : "mirip ya dengan nama dosen saya, "syafri" :)

Asosiasi lain juga dapat anda lakukan dengan benda-benda atau makhluk lain yang paling anda sukai. tetapi tentu saja anda hanya boleh melakukan itu dalam pikiran dan tidak membicarakannya dengan yang bersangkutan. Masa anda harus bilang kalau nama dia mirip SAPI... Ups.. maaf.

Cara lain yang juga merupakan PENJELAS adalah dengan mengulang penyebutan nama tersebut lalu beri pujian atas nama itu sambil memperhatikan "Muka" nya dengan baik. Kan gak lucu kalau anda ingat nama seseorang tapi gak tahu wajahnya.. :) dan sebisa mungkin sebut kembali namanya saat akan berpisah.

KELIMA :
Untuk mengingat suatu tempat, gunakan perhatikan sesuatu yang populer di sekitar tempat itu. Mungkin tempat yang ingin anda ingat berada di dekat sebuah Restoran terkenal, di samping MC DOnal, di belakang Hotel, dekat Gardu Listrik, Jembatan Penyeberangan, Pos Polisi dll.

Cara ini juga berguna saat anda ingin memarkir kenderaan di areal parkir besar yang padat. Tandailah benda tidak bergerak yang mudah dilihat di sekitarnya.

Saya yakin anda masih punya banyak cara lain untuk "mengingat", namun intinya anda harus melakukan sesuatu yang lebih atau memberi perhatian khusus terhadap sesuatu agar TIDAK LUPA.

Sumber: – Retrain Your Brain, Give Your Brain a Boost, Patricia Curtis, Reader’s Digest March 2008

http://alqolamu.blogspot.com/2014/10/aduh-kok-lupa-sih.html

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Komentar Anda: