. Mereka Hebat, Tapi Anda juga Istimewa | Al-Qolamu

Al-Qolamu

Inspirasi Pencerah

Home » » Mereka Hebat, Tapi Anda juga Istimewa

Mereka Hebat, Tapi Anda juga Istimewa

"Sebenarnya tidak ada orang yang biasa-biasa saja, sayang banyak yang tidak tahu kalau mereka itu istimewa. Betapapun banyaknya kekurangan itu, yakinlah bahwa anda pasti juga punya kekuatan. Tuhan adil membagikan setiap orang kekuatan dan kelemahannya masing-masing." .”

Foto : tahupedia.com

Setiap orang lahir dengan kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan. Dengan demikian, setiap orang pada dasarnya hebat pada bidang yang menjadi kekuatannya masing-masing, dan lemah pada bidang lainnya.

Ada orang yang terampil dalam hubungan interpersonal, ada pula yang hebat dalam memimpin orang lain. Ada orang yang mampu melakukan pekerjaan detil dengan sangat baik. Ada pula orang yang lebih suka melihat gambaran besar dari sebuah persoalan. Ada yang sangat terampil dalam pekerjaan yang membutuhkan ketelitian sangat tinggi, ada pula yang jago untuk urusan pekerjaan yang membutuhkan cita rasa seni.


Masalahnya, banyak orang yang terperangkap dalam pemikiran tentang keterbatasan dan kelemahan yang ia miliki, lalu berupaya sekuat tenaga (fokus) untuk menutupi kelemahan dan kekurangan tersebut, sehingga ia tidak punya waktu untuk menemukan apalagi mengembangkan kelebihan dan keistimewaan yang dianugerahkan tuhan kepadanya.

Lihatlah betapa paniknya orang yang memakai kemeja putih, tiba-tiba dari dari saku bajunya terlihat sebentuk bulatan tinta. Mungkin ia lupa memasang tutup pena sebelum memasukkannya, atau ballpoint itu mungkin bocor. Mereka yang mengalami kejadian tersebut banyak yang kelabakan dan tak berhenti menyesali. Ia kesal, marah dan mungkin salah tingkah berhadapan dengan orang lain. Padahal, bulatan tinta yang menyita pikirannya itu paling hanya 1% dari 99% bagian lain bajunya yang masih bersih.

Dari pada mubazir energi untuk memikirkan yang tidak dapat anda tutupi, mungkin saatnya mindset kita dibalik menjadi menemukan apa yang dapat saya tunjukkan. Membawa pemikiran ke arah ini setidaknya akan mampu melahirkan rasa percaya diri, mudah bersyukur dan bersedia menghargai orang lain. Muaranya jelas, anda akan lebih merasa mudah menjalani kehidupan.

Menemukan kekuatan dan kelebihan diri memang tidak semudah membalik telapk tangan. Bisa jadi ada yang harus menghabiskan sisa umurnya untuk menemukan kekuatan tersebut. Akan tetapi dengan bantuan orang yang ada di dalam diri anda (nurani dan pikiran) dan orang yang bersama anda (keluarga, teman dan kolega) upaya tersebut dapat segara dimulai. Yakni, cobalah tanyakan kepada mereka hal-hal berikut :
  • Kegiatan apa yang Anda sukai saat ini?
  • Aktivitas apa yang membuat Anda merasa bersemangat melakukannya?
  • Bidang apa yang Anda rasakan sangat mudah dikuasai sementara orang lain merasa hal tersebut sulit?
  • Apa yang orang lain katakan tentang kemampuan yang Anda miliki?
  • Bidang apa yang membuat Anda ingin melakukannya terus menerus dan Anda tidak merasa lelah menjalaninya?
Jawaban yang anda temukan dari pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijadikan sebagai titik tolak (langkah awal) bagi upaya pencarian kekuatan diri. tentu saja ada orang yang dapat memiliki lebih dari satu kekuatan atau kecenderungan. Namun yang pasti, dengan memahaminya sejak awal, Anda akan tahu ke arah mana kekuatan Anda bisa dikembangkan lebih jauh.
http://alqolamu.blogspot.com/2014/12/mereka-hebat-tapi-anda-juga-istimewa.html

Terima Kasih Atas Kunjungannya, Silahkan Komentar Anda: